Adapun materi produktif yang dipelajari :
- Dasar -Dasar Teknik Listrik dan Elektronika
- Pemasangan dan Pemeliharaan Instalasi Listrik
- Pelayanan Pemeliharaan Peralatan Penunjang
- Perakitan dan Pengoperasian Sistem Kendali
- Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin Listrik
Pemeliharaan dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga
Deskripsi Jurusan TIPTL
Tujuan Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Energi secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
- mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam program keahlian teknik pemanfaatan energi agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah;
- mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam program keahlian teknik pemanfaatan energi.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) MATA PELAJARAN PRODUKTIF
- TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK
Dasar Kejuruan
SKL
- Siswa mampu menganalisis rangkaian listrik dan menggunakan hasil pengukuran.
- Siswa mampu menafsirkan gambar teknik listrik.
- Siswa mampu melakukan pekerjaan mekanik dasar dan menerapkan K3.
TUJUAN
- Siswa dapat menganalisis rangkaian kelistrikan.
- Siswa dapat melakukan pengukuran dengan alat ukur listrik.
- Siswa dapat menafsirkan gambar teknik listrik.
- Siswa dapat melakukan pekerjaan mekanik dasar.
- Siswa dapat menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja / K3.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran dasar kejuruan TITL sebagai berikut:
- Menggunakan alat ukur listrik dan elektronika.
- Menggunakan peralatan gambar.
- Menggunakan peralatan tangan.
- Menggunakan peralatan keselamatan dan kesehatan kerja.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Menganalisis rangkaian listrik
Menggunakan hasil pengukuran
Menafsirkan gambar teknik listrik
Melakukan pekerjaan mekanik dasar
Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja / K3 |
|
Kompetensi Kejuruan
- Memahami dasar-dasar elektronika
SKL
Siswa mampu memahami konsep dasar, simbol-simbol dan sifat-sifat komponen elektronika serta karakteristik komponen elektronika.
TUJUAN
- Siswa dapat memahami konsep dasar elektronika.
- Siswa dapat memahami simbol komponen elektronika.
- Siswa dapat memahami sifat-sifat komponen elektronika pasif.
- Siswa dapat menggambar karakteristik komponen elektronika.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memahami dasar-dasar elektronika) sebagai berikut:
- Membaca komponen elektronika pasif meliputi resistor, capasitor dan inductor.
- Membaca karakteristik komponen elektronika aktif meliputi dioda dan transistor.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1. |
Memahami dasar-dasar elektronika |
|
2. Memahami pengukuran komponen elektronika
SKL
- Siswa mampu memahami peralatan ukur komponen elektronika.
- Siswa mampu mengukur komponen R, L dan C.
- Siswa mampu memahami pembacaan hasil pengukuran.
TUJUAN
- Siswa dapat memahami peralatan ukur komponen elektronika.
- Siswa dapat melakukan pengukuran komponen R.
- Siswa dapat melakukan pengukuran komponen L.
- Siswa dapat melakukan pengukuran komponen C.
- Siswa dapat memahami hasil pengukuran.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memahami pengukuran komponen elektronika) sebagai berikut:
- Menggunakan alat ukur elektronika.
- Merangkai rangkaian seri dan paralel.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1. |
Memahami pengukuran komponen elektronika |
|
3. Merawat peralatan rumah tangga listrik
SKL
- Siswa mampu memahami jenis peralatan rumah tangga listrik menggunakan alat pemanas dan motor listrik.
- Siswa mampu memahami prosedur perawatan peralatan rumah tangga listrik menggunakan alat pemanas dan motor listrik.
- Siswa mampu memahami data sheet komponen peralatan rumah tangga listrik menggunakan alat pemanas dan motor listrik.
TUJUAN
- Siswa dapat merawat peralatan rumah tangga listrik menggunakan alat pemanas dan motor listrik.
- Siswa dapat menggunakan prosedur perawatan dengan benar.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Merawat peralatan rumah tangga listrik) sebagai berikut:
- Merawat alat pemanas listrik.
- Merawat motor listrik
- Menggunakan data sheet komponen peralatan rumah tangga listrik.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1. |
Merawat peralatan rumah tangga lsitrik |
|
|
4. Memperbaiki peralatan rumah tangga listrik
SKL
- Siswa mampu memahami cara memperbaiki peralatan rumah tangga.
- Siswa mampu memperbaiki peralatan rumah tangga listrik yang menggunakan alat pemanas dan motor.
- Siswa mampu menggunakan alat ukur dalam memperbaiki peralatan rumah tangga.
- Siswa mampu menguji hasil perbaikan.
TUJUAN
- Siswa dapat memperbaiki peralatan rumah tangga listrik.
- Siswa dapat memperbaiki peralatan rumah tangga listrik yang menggunakan alat pemanas dan motor.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memperbaiki peralatan rumah tangga listrik) sebagai berikut:
- Memperbaiki alat pemanas listrik.
- Memperbaiki motor listrik rumah tangga.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1. |
Memperbaiki peralatan rumah tangga listrik |
|
5. Memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana
SKL
- Siswa mampu memahami pemasangan instalasi penerangan listrik satu fasa.
- Siswa mampu merencanakan gambar instalasi penerangan.
- Siswa mampu memasang instalasi penerangan di luar permukaan dan memasang instalasi penerangan di dalam permukaan.
TUJUAN
- Siswa dapat memahami pemasangan instalasi penerangan satu fasa.
- Siswa dapat merencanakan gambar instalasi penerangan satu fasa.
- Siswa dapat memasang instalasi penerangan di luar dan di dalam permukaan.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana) sebagai berikut:
- Memasang instalasi penerangan satu fasa.
- Menggambar rencana instalasi penerangan satu fasa.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1. |
Memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana |
|
6. Memasang instalasi tenaga listrik bangunan sederhana
SKL
- Siswa mampu memahami pemasangan instalasi tenaga listrik satu fasa.
- Siswa mampu merencanakan gambar instalasi tenaga.
- Siswa mampu memasang instalasi tenaga di luar permukaan dan memasang instalasi tenaga di dalam permukaan.
TUJUAN
- Siswa dapat memahami pemasangan instalasi tenaga satu fasa.
- Siswa dapat merencanakan gambar instalasi tenaga satu fasa.
- Siswa dapat memasang instalasi tenaga di luar dan di dalam permukaan.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana) sebagai berikut:
- Memasang instalasi tenaga satu fasa.
- Menggambar rencana instalasi tenaga satu fasa.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1. |
Memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana |
|
7. Memasang instalasi penerangan listrik bangunan bertingkat
SKL
- Siswa mampu memahami pemasangan instalasi penerangan 3 fase.
- Siswa mampu merencanakan gambar instalasi penerangan 3 fase.
- Siswa mampu memasang panel hubung bagi instalasi penerangan 3 fase.
- Siswa mampu memasang instalasi kabel dan pemipaan.
- Siswa mampu memasang beban listrik penerangan satu fasa dalam sistem 3 fase.
TUJUAN
- Siswa dapat memahami pemasangan instalasi penerangan 3 fase.
- Siswa dapat merencanakan gambar instalasi penerangan 3 fase.
- Siswa dapat memasang panel hubung bagi instalasi penerangan 3 fase.
- Siswa dapat memasang instalasi kabel dan pemipaan.
- Siswa dapat memasang beban listrik penerangan satu fasa dalam system 3 fase.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memasang instalasi penerangan listrik bangunan bertingkat) sebagai berikut:
- Pemasangan instalasi penerangan 3 fasa.
- Menggambar rencana instalasi penerangan 3 fasa.
- Memasang kabel dan pipa instalasi.
- Memasang panel hubung bagi instalasi penerangan.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1. |
Memasang instalasi penerangan listrik bangunan bertingkat |
|
8. Memasang instalasi tenaga listrik bangunan bertingkat
SKL
- Siswa mampu memahami pemasangan instalasi tenaga 3 fase.
- Siswa mampu merencanakan panel hubung bagi instalasi tenaga 3 fase.
- Siswa mampu memasang panel hubung bagi instalasi tenaga 3 fase.
- Siswa mampu memasang kotak kontak 3 fase.
TUJUAN
- Siswa dapat memahami pemasangan instalasi tenaga 3 fase.
- Siswa dapat merencanakan panel hubung bagi 3 fase.
- Siswa dapat memasang panel hubung bagi 3 fase.
- Siswa dapat memasang kotak kontak 3 fase.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memasang instalasi tenaga listrik bangunan bertingkat) sebagai berikut:
- Pemasangan instalasi tenaga 3 fasa.
- Merencanakan panel hubung bagi 3 fase.
- Memasang panel hubung bagi 3 fase
- Memasang kotak kontak 3 fase.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1. |
Memasang instalasi penerangan listrik bangunan bertingkat |
|
9. Memperbaiki motor listrik
SKL
- Siswa mampu memahami cara memperbaiki motor listrik.
- Siswa mampu membongkar kumparan motor listrik.
- Siswa mampu melilit kumparan motor listrik.
- Siswa mampu memeriksa hasil lilitan kumparan dan melakukan uji fungsi motor hasil lilitan ulang.
TUJUAN
- Siswa dapat memahami cara memperbaiki motor listrik.
- Siswa dapat membongkar kumparan motor listrik.
- Siswa dapat melilit ulang kumparan motor listrik.
- Siswa dapat melakukan uji fungsi motor hasil lilitan ulang.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memperbaiki motor listrik) sebagai berikut:
- Cara memperbaiki motor listrik.
- Membongkar kumparan motor listrik.
- Melilit ulang kumparan motor listrik.
- Memeriksa dan menguji fungsi motor hasil lilitan ulang.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1. |
Memperbaiki motor listrik |
|
10. Mengoperasikan sistem pengendali elektronik
SKL
- Siswa mampu memahami prinsip pengoperasian pengendali elektronik.
- Siswa mampu merencanakan, membuat dan mengoperasikan sistem kendali elektronik sederhana.
- Siswa mampu melakukan tindakan pengamanan pada sistem kendali elektronik yang mengalami gangguan.
TUJUAN
- Siswa dapat memahami prinsip pengoperasian kendali elektronik.
- Siswa dapat merencanakan pengoperasian pengendali elektronik.
- Siswa dapat membuat rangkaian pengendali elektronik.
- Siswa dapat mengoperasikan pengendali elektronik.
- Siswa dapat melakukan tindakan pengamanan pada sistem kendali elektronik yang mengalami gangguan.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Mengoperasikan sistem pengendali elektronik) sebagai berikut:
- Merencanakan rangkaian kendali elektronik.
- Membuat rangkaian kendali elektronik.
- Mengoperasikan kendali elektronik.
- Melakukan tindakan pengamanan pada sistem kendali elektronik yang mengalami gangguan.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1. |
Mengoperasikan sistem pengendali elektronik |
|
11. Mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah
SKL
- Siswa mampu memahami prinsip kerja pengoperasian peralatan pengendali daya tegangan rendah.
- Siswa mampu menerapkan prosedur pengoperasian sistem kelistrikan.
- Siswa mampu mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah dan memahami data operasi.
- Siswa mampu melakukan tindakan pengamanan pada operasi peralatan pengendali daya tegangan rendah yang mengalami gangguan.
TUJUAN
- Siswa dapat memahami prinsip kerja pengoperasian peralatan pengendali daya tegangan rendah.
- Siswa dapat menerapkan prosedur pengoperasian, mengoperasikan peralatan pengendali dan memahami data operasi pengendali daya tegangan rendah.
- Siswa dapat melakukan tindakan pengamanan pada sistem kendali daya tegangan rendah.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Mengoperasikan peralatan sistem pengendali daya tegangan rendah) sebagai berikut:
- Menerapkan prosedur pengoperasian pengendali daya tegangan rendah.
- Mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah.
- Melakukan tindakan pengamanan pada sistem kendali daya tegangan rendah.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1. |
Mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah |
|
12. Mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik
SKL
- Siswa mampu memahami prinsip kerja pengoperasian peralatan pengendali elektromagnetik.
- Siswa mampu mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik.
- Siswa mampu melakukan tindakan pengamanan pada operasi sistem pengendali elektromagnetik yang mengalami gangguan.
TUJUAN
- Siswa dapat memahami prinsip kerja pengoperasian sistem pengendali elektromagnetik.
- Siswa dapat mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik.
- Siswa dapat melakukan tindakan pengamanan pada sistem pengendali elektromagnetik.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik) sebagai berikut:
- Mengoperasikan sistem pengendali motor listrik.
- Mengoperasikan mesin produksi dengan pengendali elektromagnetik.
- Melakukan tindakan pengamanan pada sistem pengendali elektromagnetik.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1. |
Mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik |
|
13. Memasang sistem pentanahan instalasi listrik
SKL
- Siswa mampu mengemukakan jenis-jenis orde pentanahan dan mengemukakan prosedur pemasangan pentanahan instalasi.
- Siswa mampu mengukur dan memahami hasil pengukuran tahanan pentanahan instalasi.
- Siswa mampu memasang orde pentanahan.
TUJUAN
- Siswa dapat menentukan tahanan pentanahan instalasi.
- Siswa dapat memasang orde pentanahan
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memasang sistem pentanahan instalasi listrik) sebagai berikut:
- Mengemukakan jenis-jenis orde pentanahan.
- Mengukur tahanan pentanahan instalasi.
- Memasang orde pentanahan.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1. |
Memasang sistem pentanahan instalasi listrik |
|
14. Merawat panel dan switchgear
SKL
- Siswa mampu memahami perbaikan panel listrik dan switchgear.
- Siswa mampu memahami jenis-jenis panel listrik dan switchgear.
- Siswa mampu melakukan perawatan ringan panel kontrol, panel tenaga dan switchgear.
TUJUAN
- Siswa dapat memahami perbaikan panel listrik dan switchgear.
- Siswa dapat melakukan perawatan ringan panel kontrol, panel tenaga dan switchgear.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Merawat panel dan switchgear) sebagai berikut:
- Memahami perbaikan panel listrik dan switchgear.
- Melakukan perawatan ringan panel kontrol, panel tenaga dan switchgear.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1. |
Merawat panel dan switchgear |
|
MUATAN LOKAL
- Mulok 1
SKL
- Siswa mampu mengidentifikasi komponen speaker aktif.
- Siswa mampu membuat PRT/ PCB speaker aktif.
- Siswa mampu membuat power suplay speaker aktif.
- Siswa mampu menguji coba rangkaian speaker aktif.
- Siswa mampu memasang komponen speaker aktif pada box panel speaker aktif.
TUJUAN
- Siswa dapat mengidentifikasi komponen speaker aktif.
- Siswa dapat membuat PRT/ PCB speaker aktif.
- Siswa dapat membuat power suplay speaker aktif.
- Siswa dapat menguji coba rangkaian speaker aktif.
- Siswa dapat memasang komponen speaker aktif pada box panel speaker aktif.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Merawat panel dan switchgear) sebagai berikut:
- Membuat catu daya / power suplay speaker aktif..
- Membuat power amplifier speaker aktif.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1. |
Merakit dan mengoperasikan speaker aktif |
|
- Mulok 2
SKL
- Siswa mampu mempersiapkan dan melaksanakan operasi mesin produksi dengan kendali PLC.
- Siswa mampu mengamati dan menangani masalah operasi mesin produksi dengan kendali PLC.
- Siswa mampu membuat laporan pengoperasian mesin produksi dengan kendali PLC.
TUJUAN
- Siswa dapat mempersiapkan operasi mesin produksi dengan kendali PLC.
- Siswa dapat melaksanakan operasi mesin produksi dengan kendali PLC.
- Siswa dapat mengamati dan menangani masalah operasi mesin produksi dengan kendali PLC.
- Siswa dapat membuat laporan pengoperasian mesin produksi dengan kendali PLC.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran mulok 2 sebagai berikut:
- Membuat program kendali PLC.
- Mengoperasikan PLC untuk kendali mesin produksi.
SKKD
No |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
|
1. |
Mengoperasikan mesin produksi dengan kendali PLC |
|