- Mengatur tata letak gambar manual
SKL :
- Siswa mampu membuat daftar gambar.
- Siswa mampu membuat gambar catatan dan legenda umum.
- Siswa mampu menggambar lembar halaman muka dan informasinya.
- Siswa mampu mengatur tata letak gambar manual.
- Siswa mampu membuat format lembaran gambar
TUJUAN :
- Siswa diharapkan mampu membuat daftar gambar.
- Siswa diharapkan mampu membuat gambar catatan dan legenda umum.
- Siswa diharapkan mampu menggambar lembar halaman muka dan informasinya.
- Siswa diharapkan mampu mengatur tata letak gambar manual.
- Siswa diharapkan mampu membuat format lembaran gambar.
RUANG LINGKUP :
- Membuat daftar gambar.
- Membuat gambar catatandan legenda umum.
- Menggambar lembar halaman muka dan informasinya.
- Mengatur tata letak gambar manual.
- Membuat format lembaran gambar.
SK/KD:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mengatur tata letak gambar manual
|
- Membuat daftar gambar.
- Membuat gambar catatandan legenda umum.
- Menggambar lembar halaman muka dan informasinya.
- Mengatur tata letak gambar manual.
- Membuat format lembaran gambar.
|
|
2.Menggambar dengan perangkat lunak
SKL :
- Siswa mampu mendiskripsikan perangkat lunak menggambar bangunan.
- Siswa mampu mengatur tata letak gambar pada model space dengan perangkat lunak.
- Siswa mampu membuat back up data level 1.
- Siswa mampu membuat restore data level 1.
- Siswa mampu menggambar dengan perangkat lunak.
- Siswa mampu mencetak gambar dengan perangkat lunak.
TUJUAN :
- Mampu mendiskripsikan perangkat lunak menggambar bangunan.
- Mampu mengatur tata letak gambar pada model space dengan perangkat lunak.
- Mampu membuat back up data level 1.
- Mampu membuat restore data level 1.
- Mampu menggambar dengan perangkat lunak.
- Mampu mencetak gambar dengan perangkat lunak.
RUANG LINGKUP :
- Mendiskripsikan perangkat lunak menggambar bangunan.
- Mengatur tata letak gambar pada model space dengan perangkat lunak.
- Membuat back up data level 1.
- Membuat restore data level 1.
- Menggambar dengan perangkat lunak.
- Mencetak gambar dengan perangkat lunak.
SK/KD
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Menggambar dengan perangkat lunak
|
- Mendiskripsikan perangkat lunak menggambar bangunan.
- Mengatur tata letak gambar pada model space dengan perangkat lunak.
- Membuat back up data level 1.
- Membuat restore data level 1.
- Menggambar dengan perangkat lunak.
- Mencetak gambar dengan perangkat lunak.
|
|
3. Membuat gambar rencana kolom beton bertulang
SKL :
- Siswa mampu mendiskripsikan kolom struktur gedung beton bertulang.
- Siswa mampu merancang rencana kolom struktur gedung beton bertulang.
- Siswa mampu menggambar denah perletakan kolom struktur gedung beton bertulang.
- Siswa mampu menggambar tulangan kolom kolom struktur gedung beton bertulang.
- Siswa mampu membuat daftar tulangan kolom struktur gedung beton bertulang pada gambar.
TUJUAN :
- Siswa diharapkan mampu mendiskripsikan kolom struktur gedung beton bertulang.
- Siswa diharapkan mampu merancang rencana kolom struktur gedung beton bertulang.
- Siswa diharapkan mampu menggambar denah perletakan kolom struktur gedung beton bertulang.
- Siswa diharapkan mampu menggambar tulangan kolom kolom struktur gedung beton bertulang.
- Siswa diharapkan mampu membuat daftar tulangan kolom struktur gedung beton bertulang pada gambar.
RUANG LINGKUP :
- Mendiskripsikan kolom struktur gedung beton bertulang.
- Merancang rencana kolom struktur gedung beton bertulang.
- Menggambar denah perletakan kolom struktur gedung beton bertulang.
- Menggambar tulangan kolom kolom struktur gedung beton bertulang.
- Membuat daftar tulangan kolom struktur gedung beton bertulang pada gambar.
SK/KD:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Membuat gambar rencana kolom beton bertulang
|
- Mendiskripsikan kolom struktur gedung beton bertulang.
- Merancang rencana kolom struktur gedung beton bertulang.
- Menggambar denah perletakan kolom struktur gedung beton bertulang.
- Menggambar tulangan kolom kolom struktur gedung beton bertulang.
- Membuat daftar tulangan kolom struktur gedung beton bertulang pada gambar.
|
|
4. Membuat gambar rencana balok beton bertulang
SKL :
- Siswa mampu mendiskripsikan balok struktur gedung beton bertulang.
- Siswa mampu merancang rencana balok struktur gedung beton bertulang.
- Siswa mampu menggambar denah perletakan balok struktur gedung beton bertulang.
- Siswa mampu menggambar tulangan kolom balok struktur gedung beton bertulang.
- Siswa mampu membuat daftar tulangan balok struktur gedung beton bertulang pada gambar.
TUJUAN :
- Siswa diharapkan mampu mendiskripsikan balok struktur gedung beton bertulang.
- Siswa diharapkan mampu merancang rencana balok struktur gedung beton bertulang.
- Siswa diharapkan mampu menggambar denah perletakan balok struktur gedung beton bertulang.
- Siswa diharapkan mampu menggambar tulangan kolom balok struktur gedung beton bertulang.
- Siswa diharapkan mampu membuat daftar tulangan balok struktur gedung beton bertulang pada gambar.
RUANG LINGKUP :
- Mendiskripsikan balok struktur gedung beton bertulang.
- Merancang rencana balok struktur gedung beton bertulang.
- Menggambar denah perletakan balok struktur gedung beton bertulang.
- Menggambar tulangan balok struktur gedung beton bertulang.
- Membuat daftar tulangan balok struktur gedung beton bertulang pada gambar.
SK/KD:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Membuat gambar rencana balok beton bertulang
|
- Mendiskripsikan balok struktur gedung beton bertulang.
- Merancang rencana balok struktur gedung beton bertulang.
- Menggambar denah perletakan balok struktur gedung beton bertulang.
- Menggambar tulangan balok struktur gedung beton bertulang.
- Membuat daftar tulangan balok struktur gedung beton bertulang pada gambar.
|
|
5. Menggambar konstruksi lantai dan dinding bangunan
SKL:
- Siswa mampu mendeskripsikan konstruksi lantai dan dinding bangunan.
- Siswa mampu menggambar konstruksi lantai.
- Siswa mampu menggambar modifikasi pola lantai.
- Siswa mampu menggambar konstruksi bata dan batako.
- Siswa mampu menggambar konstruksi penutup dinding dan kolom.
- Siswa mampu menggambar finishing dinding dan kolom.
TUJUAN :
- Dapat mendeskripsikan konstruksi lantai dan dinding bangunan.
- Dapat menggambar konstruksi lantai.
- Dapat menggambar modifikasi pola lantai.
- Dapat menggambar konstruksi bata dan batako.
- Dapat menggambar konstruksi penutup dinding dan kolom.
- Dapat menggambar finishing dinding dan kolom.
RUANG LINGKUP :
- Mendeskripsikan konstruksi lantai dan dinding bangunan.
- Menggambar konstruksi lantai.
- Menggambar modifikasi pola lantai.
- Menggambar konstruksi bata dan batako.
- Menggambar konstruksi penutup dinding dan kolom.
- Menggambar finishing dinding dan kolom.
SK/KD:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Menggambar konstruksi lantai dan dinding bangunan |
- Mendeskripsikan konstruksi lantai dan dinding bangunan.
- Menggambar konstruksi lantai.
- Menggambar modifikasi pola lantai.
- Menggambar konstruksi bata dan batako.
- Menggambar konstruksi penutup dinding dan kolom.
- Menggambar finishing dinding dan kolom.
|
|
6. Menggambar rencana dinding penahan
SKL:
- Siswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip rencana dinding penahan.
- Siswa mampu merancang denah rencana penulangan dinding penahan.
- Siswa mampu menggambar denah rencana penulangan dinding penahan.
- Siswa mampu menggambar detail penulangan dinding penahan.
- Siswa mampu membuat daftar tulangan dinding penahan pada gambar.
TUJUAN :
- Dapat menjelaskan prinsip-prinsip rencana dinding penahan.
- Dapat merancang denah rencana penulangan dinding penahan.
- Dapat menggambar denah rencana penulangan dinding penahan.
- Dapat menggambar detail penulangan dinding penahan.
- Dapat membuat daftar tulangan dinding penahan pada gambar.
RUANG LINGKUP :
- Menjelaskan prinsip-prinsip rencana dinding penahan.
- Merancang denah rencana penulangan dinding penahan.
- Menggambar denah rencana penulangan dinding penahan.
- Menggambar detail penulangan dinding penahan.
- Membuat daftar tulangan dinding penahan pada gambar.
SK/KD:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Menggambar rencana dinding penahan
|
- a. Menjelaskan prinsip-prinsip rencana dinding penahan.
- b. Merancang denah rencana penulangan dinding penahan.
- c. Menggambar denah rencana penulangan dinding penahan.
- d. Menggambar detail penulangan dinding penahan.
- e. Membuat daftar tulangan dinding penahan pada gambar.
|
|
7. Menggambar konstruksi kusen, pintu dan jendela
SKL:
- Siswa dapat mendiskripsikan jenis kusen, pintu, dan jendela.
- Siswa dapat memilih jenis kusen, pintu, dan jendela.
- Siswa dapat menggambar rencana kusen, pintu dan jendela.
- Siswa dapat menggambar rencana kusen, daun pintu dan jendela aluminium.
- Siswa dapat menggambar detail potongan dan sambungan.
TUJUAN :
- Dapat mendiskripsikan jenis kusen, pintu, dan jendela.
- Dapat memilih jenis kusen, pintu, dan jendela.
- Dapat menggambar rencana kusen, pintu dan jendela.
- Dapat menggambar rencana kusen, daun pintu dan jendela aluminium.
- Dapat menggambar detail potongan dan sambungan.
RUANG LINGKUP :
- Mendiskripsikan jenis kusen, pintu, dan jendela.
- Memilih jenis kusen, pintu, dan jendela.
- Menggambar rencana kusen, pintu dan jendela.
- Menggambar rencana kusen, daun pintu dan jendela aluminium.
- Menggambar detail potongan dan sambungan.
SK/KD:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Menggambar konstruksi kusen, pintu dan jendela
|
- Mendiskripsikan jenis kusen, pintu, dan jendela.
- Memilih jenis kusen, pintu, dan jendela.
- Menggambar rencana kusen, pintu dan jendela.
- Menggambar rencana kusen, daun pintu dan jendela aluminium.
- Menggambar detail potongan dan sambungan.
|
|
8. Menggambar rencana plat lantai
SKL:
- Siswa dapat mendiskripsikan rencana plat lantai.
- Siswa dapat merancang denah rencana penulangan plat lantai.
- Siswa dapat menggambar denah rencana penulangan plat lantai.
- Siswa dapat menggambar detail penulangan plat lantai.
TUJUAN :
- Dapat mendiskripsikan rencana plat lantai.
- Dapat merancang denah rencana penulangan plat lantai.
- Dapat menggambar denah rencana penulangan plat lantai.
- Dapat menggambar detail penulangan plat lantai.
RUANG LINGKUP :
- Mendiskripsikan rencana plat lantai.
- Merancang denah rencana penulangan plat lantai.
- Menggambar denah rencana penulangan plat lantai.
- Menggambar detail penulangan plat lantai.
|
9. Menggambar konstruksi tangga
SKL:
- Siswa dapat mendiskripsikan konstruksi tangga.
- Siswa dapat merancang konstruksi tangga.
- Siswa dapat menggambar konstruksi tangga beton.
- Siswa dapat menggambar konstruksi tangga dan railing kayu.
- Siswa dapat menggambar konstruksi tangga dan railing besi/baja.
- Siswa dapat menggambar bentuk-bentuk struktur tangga.
TUJUAN :
- Dapat mendiskripsikan konstruksi tangga.
- Dapat merancang konstruksi tangga.
- Dapat menggambar konstruksi tangga beton.
- Dapat menggambar konstruksi tangga dan railing kayu.
- Dapat menggambar konstruksi tangga dan railing besi/baja.
- Dapat menggambar bentuk-bentuk struktur tangga.
RUANG LINGKUP :
- Mendiskripsikan konstruksi tangga.
- Merancang konstruksi tangga.
- Menggambar konstruksi tangga beton.
- Menggambar konstruksi tangga dan railing kayu.
- Menggambar konstruksi tangga dan railing besi/baja.
- Menggambar bentuk-bentuk struktur tangga.
SK/KD:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Menggambar konstruksi tangga
|
- Mendiskripsikan konstruksi tangga.
- Merancang konstruksi tangga.
- Menggambar konstruksi tangga beton.
- Menggambar konstruksi tangga dan railing kayu.
- Menggambar konstruksi tangga dan railing besi/baja.
- Menggambar bentuk-bentuk struktur tangga.
|
|
10.Menggambar konstruksi langit-langit
SKL:
- Siswa dapat mendiskripsikan konstruksi langit-langit.
- Siswa dapat menggambar pola langit-langit.
- Siswa dapat menggambar detail konstruksi langit-langit.
- Siswa dapat menggambar rencana titik lampu di langit-langit.
TUJUAN :
- Dapat mendiskripsikan konstruksi langit-langit.
- Dapat menggambar pola langit-langit.
- Dapat menggambar detail konstruksi langit-langit.
- Dapat menggambar rencana titik lampu di langit-langit.
RUANG LINGKUP :
- Mendiskripsikan konstruksi langit-langit.
- Menggambar pola langit-langit.
- Menggambar detail konstruksi langit-langit.
- Menggambar rencana titik lampu di langit-langit.
SK/KD:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Menggambar konstruksi langit-langit |
- Mendiskripsikan konstruksi langit-langit.
- Menggambar pola langit-langit.
- Menggambar detail konstruksi langit-langit.
- Menggambar rencana titik lampu di langit-langit.
|
|
11.Menggambar konstruksi atap
SKL :
- Siswa mampu menjelaskan konstruksi atap.
- Siswa mampu merancang konstruksi rangka atap.
- Siswa mampu menggambar detail potongan kuda-kuda dan setengah kuda-kuda.
- Siswa mampu menggambar detail sambungan.
- Siswa mampu menggambar konstruksi penutup atap.
- Siswa mampu menggambar konstruksi talang horisontal.
TUJUAN :
- Siswa diharapkan mampu menjelaskan konstruksi atap.
- Siswa diharapkan mampu merancang konstruksi atap.
- Siswa diharapkan mampu menggambar detail potongan kuda-kuda dan setengah kuda-kuda.
- Siswa diharapkan mampu menggambar detail sambungan.
- Siswa diharapkan mampu menggambar konstruksi penutup atap.
- Siswa diharapkan mampu menggambar konstruksi talang horizontal
RUANG LINGKUP :
- Menjelaskan konstruksi atap.
- Merancang konstruksi atap.
- Menggambar detail potongan kuda-kuda dan setengah kuda-kuda.
- Menggambar detail sambungan.
- Menggambar konstruksi penutup atap.
- Menggambar konstruksi talang horisontal.
SK/KD :
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Menggambar konstruksi atap
|
- Menjelaskan konstruksi atap.
- Merancang konstruksi atap.
- Menggambar detail potongan kuda-kuda dan setengah kuda-kuda.
- Menggambar detail sambungan.
- Menggambar konstruksi penutup atap.
- Menggambar konstruksi talang horisontal.
|
|
12.Menggambar utilitas gedung
SKL:
- Siswa mampu mendiskripsikan utilitas bangunan.
- Siswa mampu menggambar instalasi listrik bangunan rumah tinggal dan gedung perkantoran.
- Siswa mampu menggambar instalasi plambing (air bersih, air kotor dan air panas).
- Siswa mampu menggambar drainase gedung tidak bertingkat dan gedung bertingkat.
TUJUAN :
- Siswa diharapkan mampu mendiskripsikan utilitas bangunan.
- Siswa diharapkan mampu menggambar instalasi listrik bangunan rumah tinggal dan gedung perkantoran.
- Siswa diharapkan mampu menggambar instalasi plambing (air bersih, air kotor dan air panas).
- Siswa diharapkan mampu menggambar drainase gedung tidak bertingkat dan gedung bertingkat.
RUANG LINGKUP :
- Mendiskripsikan utilitas bangunan.
- Menggambar instalasi listrik bangunan rumah tinggal dan gedung perkantoran.
- Menggambar instalasi plambing (air bersih, air kotor dan air panas).
- Menggambar drainase gedung tidak bertingkat dan gedung bertingkat.
SK/KD:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Menggambar utilitas gedung
|
- Mendiskripsikan utilitas bangunan.
- Menggambar instalasi listrik bangunan rumah tinggal dan gedung perkantoran.
- Menggambar instalasi plambing (air bersih, air kotor dan air panas).
- Menggambar drainase gedung tidak bertingkat dan gedung bertingkat.
|
|
13.Menggambar lay out dekorasi interior dan eksterior
SKL:
- Siswa dapat mengidentifikasi elemen ruang, dekorasi interior dan eksterior.
- Siswa dapat mendiskripsikan ruang, estetika, dekorasi interior dan eksterior.
- Siswa dapat membaca gambar lay out dekorasi interior dan eksterior.
- Siswa dapat mendiskripsikan fungsi, suasana, harmoni interior dan eksterior.
TUJUAN :
- Dapat mengidentifikasi elemen ruang, dekorasi interior dan eksterior.
- Dapat mendiskripsikan ruang, estetika, dekorasi interior dan eksterior.
- Dapat membaca gambar lay out dekorasi interior dan eksterior.
- Dapat mendiskripsikan fungsi, suasana, harmoni interior dan eksterior.
RUANG LINGKUP :
- Mengidentifikasi elemen ruang, dekorasi interior dan eksterior.
- Mendiskripsikan ruang, estetika, dekorasi interior dan eksterior.
- Membaca gambar lay out dekorasi interior dan eksterior.
- Mendiskripsikan fungsi, suasana, harmoni interior dan eksterior.
SK/KD:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Menggambar lay out dekorasi interior dan eksterior
|
- Mengidentifikasi elemen ruang, dekorasi interior dan eksterior.
- Mendiskripsikan ruang, estetika, dekorasi interior dan eksterior.
- Membaca gambar lay outdekorasi interior dan eksterior.
- Mendiskripsikan fungsi, suasana, harmoni interior dan eksterior.
|
|
14.Menggambar dekorasi interior rumah tinggal , perkantoran dan ruang publik
SKL:
- Siswa dapat menentukan elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
- Siswa dapat menggambar elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
- Siswa dapat memilih warna elemen ruang dan elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
- Siswa dapat mengidentifikasi luas dan kebutuhan ruang masing-masing elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
TUJUAN :
- Dapat menentukan elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
- Dapat menggambar elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
- Dapat memilih warna elemen ruang dan elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
- Dapat mengidentifikasi luas dan kebutuhan ruang masing-masing elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
RUANG LINGKUP :
- Menentukan elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
- Menggambar elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
- Memilih warna elemen ruang dan elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
- Mengidentifikasi luas dan kebutuhan ruang masing-masing elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
SK/KD:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Menggambar dekorasi interior rumah tinggal , perkantoran dan ruang publik
|
- Menentukan elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
- Menggambar elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
- Memilih warna elemen ruang dan elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
- Mengidentifikasi luas dan kebutuhan ruang masing-masing elemen dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran, dan ruang publik.
|
15.Menerapkan desain interior bangunan
SKL : |
- Mampu mendiskripsikan desain interior bangunan.
- Mampu menjelaskan konsep dan gaya interior bangunan.
- Mampu menentukan komposisi bentuk interior bangunan.
- Mampu membuat desain interior pada ruang bangunan
TUJUAN :
- Siswa diharapkan mampu mendiskripsikan desain interior bangunan.
- Siswa diharapkan mampu menjelaskan konsep dan gaya interior bangunan.
- Siswa diharapkan mampu menentukan komposisi bentuk interior bangunan.
- Siswa diharapkan mampu membuat desain interior pada ruang bangunan.
RUANG LINGKUP :
- Mendiskripsikan desain interior bangunan.
- Menjelaskan konsep dan gaya interior bangunan.
- Menentukan komposisi bentuk interior bangunan.
- Membuat desain interior pada ruang bangunan.
SK/KD :
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Menerapkan desain interior bangunan
|
- Mendiskripsikan desain interior bangunan.
- Menjelaskan konsep dan gaya interior bangunan.
- Menentukan komposisi bentuk interior bangunan.
- Membuat desain interior pada ruang bangunan.
|
|
16.Menentukan unsur penunjang desain interior dan ekterior bangunan
SKL:
- Siswa dapat menentukan ukuran skala manusia desain interior dan eksterior bangunan.
- Siswa dapat mengaplikasikan material interior dan eksterior bangunan.
- Siswa dapat menentukan pencahayaan buatan interior dan eksterior bangunan.
- Siswa dapat menentukan ornamen interior dan eksterior bangunan.
- Siswa dapat menggambar desain taman sebagai pendukung eksterior bangunan.
TUJUAN :
- Dapat menentukan ukuran skala manusia desain interior dan eksterior bangunan.
- Dapat mengaplikasikan material interior dan eksterior bangunan.
- Dapat menentukan pencahayaan buatan interior dan eksterior bangunan.
- Dapat menentukan ornamen interior dan eksterior bangunan.
- Dapat menggambar desain taman sebagai pendukung eksterior bangunan.
RUANG LINGKUP :
- Menentukan ukuran skala manusia desain interior dan eksterior bangunan.
- Mengaplikasikan material interior dan eksterior bangunan.
- Menentukan pencahayaan buatan interior dan eksterior bangunan.
- Menentukan ornamen interior dan eksterior bangunan.
- Menggambar desain taman sebagai pendukung eksterior bangunan.
SK/KD:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Menentukan unsur penunjang desain interior dan ekterior bangunan
|
- Menentukan ukuran skala manusia desain interior dan eksterior bangunan.
- Mengaplikasikan material interior dan eksterior bangunan.
- Menentukan pencahayaan buatan interior dan eksterior bangunan.
- Menentukan ornamen interior dan eksterior bangunan.
- Menggambar desain taman sebagai pendukung eksterior bangunan.
|
|
17. Menerapkan desain ekterior bangunan
SKL:
- Siswa dapat mendiskripsikan desain eksterior.
- Siswa dapat menjelaskan konsep dan gaya eksterior bangunan.
- Siswa dapat menentukan komposisi bentuk eksterior bangunan.
- Siswa dapat membuat desain eksterior pada ruang.
TUJUAN :
- Dapat mendiskripsikan desain eksterior.
- Dapat menjelaskan konsep dan gaya eksterior bangunan.
- Dapat menentukan komposisi bentuk eksterior bangunan.
- Dapat membuat desain eksterior pada ruang.
RUANG LINGKUP :
- Mendiskripsikan desain eksterior.
- Menjelaskan konsep dan gaya eksterior bangunan.
- Menentukan komposisi bentuk eksterior bangunan.
- Membuat desain eksterior pada ruang.
SK/KD:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Menerapkan desain ekterior bangunan
|
- Mendiskripsikan desain eksterior.
- Menjelaskan konsep dan gaya eksterior bangunan.
- Menentukan komposisi bentuk eksterior bangunan.
- Membuat desain eksterior pada ruang.
|
|
18.Menerapkan material finishing bangunan
SKL:
- Siswa dapat mendiskripsikan material finishing bangunan.
- Siswa dapat mendiskripsikan finishing material interior dan eksterior bangunan.
TUJUAN :
- Dapat mendiskripsikan material finishing bangunan.
- Dapat mendiskripsikan finishing material interior dan eksterior bangunan.
RUANG LINGKUP :
- Mendiskripsikan material finishing bangunan.
- Mendiskripsikan finishing material interior dan eksterior bangunan.
SK/KD:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Menerapkan material finishing bangunan
|
- Mendiskripsikan material finishing bangunan.
- Mendiskripsikan finishing material interior dan eksterior bangunan.
|
|
19. Merancang Partisi ruang |
SKL :
- Siswa mampu menjelaskan macam-macam partisi ruang.
- Siswa mampu menjelaskan bentuk/model partisi ruang.
- Siswa mampu menentukan penggunaan bahan dan bentuk/model partisi ruang.
- Siswa mampu menggambar konstruksi partisi ruang.
|