Teknik Installasi Tenaga Listrik

Adapun materi produktif yang dipelajari :

  • Dasar -Dasar Teknik Listrik dan Elektronika
  • Pemasangan dan Pemeliharaan Instalasi Listrik
  • Pelayanan Pemeliharaan Peralatan Penunjang
  • Perakitan dan Pengoperasian Sistem Kendali
  • Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin Listrik

Pemeliharaan dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga

Deskripsi Jurusan TIPTL

Tujuan Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Energi secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

  • mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam program keahlian teknik pemanfaatan energi agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah;
  • mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam program keahlian teknik pemanfaatan energi.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) MATA PELAJARAN PRODUKTIF

  1. TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK

Dasar Kejuruan

SKL

  • Siswa mampu menganalisis rangkaian listrik dan menggunakan hasil pengukuran.
  • Siswa mampu menafsirkan gambar teknik listrik.
  • Siswa mampu melakukan pekerjaan mekanik dasar dan menerapkan K3.

TUJUAN

  • Siswa dapat menganalisis rangkaian kelistrikan.
  • Siswa dapat melakukan pengukuran dengan alat ukur listrik.
  • Siswa dapat menafsirkan gambar teknik listrik.
  • Siswa dapat melakukan pekerjaan mekanik dasar.
  • Siswa dapat menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja / K3.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran dasar kejuruan TITL sebagai berikut:

  • Menggunakan alat ukur listrik dan elektronika.
  • Menggunakan peralatan gambar.
  • Menggunakan peralatan tangan.
  • Menggunakan peralatan keselamatan dan kesehatan kerja.

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

 

 

 

2.

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

5.

 

 

Menganalisis rangkaian listrik

 

 

Menggunakan hasil pengukuran

 

 

 

Menafsirkan gambar teknik listrik

 

 

 

Melakukan pekerjaan mekanik dasar

 

 

 

 

Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja / K3

  1. Mendeskripsikan konsep rangkaian listrik
  2. Menganalisis rangkaian listrik arus searah
  3. Menganalisis rangkaian listrik arus bolak-balik
  4. Menganalisis rangkaian kemagnetan
  5. Mendeskripsikan konsep pengukuran besaran-besaran listrik
  6. Melakukan pengukuran besaran listrik
  7. Menganalisis hasil pengukuran besaran-besaran listrik
  8. Menerapkan standarisasi dan normalisasi gambar teknik ketenagalistrikan
  9. Menafsirkan gambar instalasi ketenagalistrikan industri
  10. Menafsirkan gambar berbasis rele dan komputer
  11. Mendeskripsikan cara penggunaan peralatan tangan
  12. Mendeskripsikan cara penggunaan peralatan mesin
  13. Menggunakan peralatan tangan dan mesin untuk menyelesaikan pekerjaan mekanik listrik
  14. Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja / K3
  15. Melaksanakan prosedur K3
 

Kompetensi Kejuruan

  1. Memahami dasar-dasar elektronika

SKL

Siswa mampu memahami konsep dasar, simbol-simbol dan sifat-sifat komponen elektronika serta karakteristik komponen elektronika.

TUJUAN

  • Siswa dapat memahami konsep dasar elektronika.
  • Siswa dapat memahami simbol komponen elektronika.
  • Siswa dapat memahami sifat-sifat komponen elektronika pasif.
  • Siswa dapat menggambar karakteristik komponen elektronika. 

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memahami dasar-dasar elektronika) sebagai berikut:

  • Membaca komponen elektronika pasif meliputi resistor, capasitor dan inductor.
  • Membaca karakteristik komponen elektronika aktif meliputi dioda dan transistor.

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

Memahami dasar-dasar elektronika

  1. Memahami konsep dasar elektronika
  2. Memahami simbol-simbol komponen elektronika
  3. Memahami sifat-sifat komponen elektronika pasif
  4. Menggambar karakteristik komponen elektronika
 

2. Memahami pengukuran komponen elektronika

SKL

  • Siswa mampu memahami peralatan ukur komponen elektronika.
  • Siswa mampu mengukur komponen R, L dan C.
  • Siswa mampu memahami pembacaan hasil pengukuran.

TUJUAN

  • Siswa dapat memahami peralatan ukur komponen elektronika.
  • Siswa dapat melakukan pengukuran komponen R.
  • Siswa dapat melakukan pengukuran komponen L.
  • Siswa dapat melakukan pengukuran komponen C.
  • Siswa dapat memahami hasil pengukuran.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memahami pengukuran komponen  elektronika) sebagai berikut:

  • Menggunakan alat ukur elektronika.
  • Merangkai rangkaian seri dan paralel.

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

Memahami pengukuran komponen elektronika

  1. Memahami peralatan ukur komponen elektronika
  2. Melakukan pengukuran komponen R
  3. Melakukan pengukuran komponen L
  4. Melakukan pengukuran komponen C
  5. Memahami hasil pengukuran
 

3.  Merawat peralatan rumah tangga listrik

SKL

  • Siswa mampu memahami jenis peralatan rumah tangga listrik menggunakan alat pemanas dan motor listrik.
  • Siswa mampu memahami prosedur perawatan peralatan rumah tangga listrik menggunakan alat pemanas dan motor listrik.
  • Siswa mampu memahami data sheet komponen peralatan rumah tangga listrik menggunakan alat pemanas dan motor listrik.

TUJUAN

  • Siswa dapat merawat peralatan rumah tangga listrik menggunakan alat pemanas dan motor listrik.
  • Siswa dapat menggunakan prosedur perawatan dengan benar.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Merawat peralatan rumah tangga listrik) sebagai berikut:

  • Merawat alat pemanas listrik.
  • Merawat motor listrik
  • Menggunakan data sheet komponen peralatan rumah tangga listrik. 

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

Merawat peralatan rumah tangga lsitrik

  1. Memahami jenis peralatan rumah tangga listrik menggunakan alat pemanas
  2. Memahami prosedur perawatan peralatan rumah tangga listrik menggunakan alat pemanas
  3. Memahami jenis peralatan rumah tangga lsitrik menggunakan motor
  4. Memahami prosedur perawatan peralatan rumah tangga listrik menggunakan motor
  5. Merawat peralatan rumah tangga lsitrik menggunakan alat pemanas dan motor
  6. Memahami data sheet komponen peralatan rumah tangga listrik menggunakan alat pemanas dan motor

 

 

4. Memperbaiki peralatan rumah tangga listrik

SKL

  • Siswa mampu memahami cara memperbaiki peralatan rumah tangga.
  • Siswa mampu memperbaiki peralatan rumah tangga listrik yang menggunakan alat pemanas dan motor.
  • Siswa mampu menggunakan alat ukur dalam memperbaiki peralatan rumah tangga.
  • Siswa mampu menguji hasil perbaikan.

TUJUAN

  • Siswa dapat memperbaiki peralatan rumah tangga listrik.
  • Siswa dapat memperbaiki peralatan rumah tangga listrik yang menggunakan alat pemanas dan motor.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memperbaiki peralatan rumah tangga listrik) sebagai berikut:

  • Memperbaiki alat pemanas listrik.
  • Memperbaiki motor listrik rumah tangga.

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

Memperbaiki peralatan rumah tangga listrik

  1. Memahami cara memperbaiki peralatana rumah tangga listrik
  2. Memperbaiki peralatan rumah tangga listrik yang menggunakan alat pemanas dan motor
  3. Memeriksa hasil perbaikan menggunakan alat ukur multimeter
  4. Melakukan uji fungsi hasil perbaikan
 

 

5. Memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana

SKL

  • Siswa mampu memahami pemasangan instalasi penerangan listrik satu fasa.
  • Siswa mampu merencanakan gambar instalasi penerangan.
  • Siswa mampu memasang instalasi penerangan di luar permukaan dan memasang instalasi penerangan di dalam permukaan.

TUJUAN

  • Siswa dapat memahami pemasangan instalasi penerangan satu fasa.
  • Siswa dapat merencanakan gambar instalasi penerangan satu fasa.
  • Siswa dapat memasang instalasi penerangan di luar dan di dalam permukaan.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana) sebagai berikut:

  • Memasang instalasi penerangan satu fasa.
  • Menggambar rencana instalasi penerangan satu fasa.

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

Memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana

  1. Memahami instalasi penerangan satu fasa
  2. Menggambar rencana instalasipenerangan
  3. Memasang instalasi penerangan di luar permukaan
  4. Memasang instalasi penerangan di dalam permukaan
  5. Memasang lampu penerangan, termasuk instalasi di dalam armatur lampu
 

6. Memasang instalasi tenaga listrik bangunan sederhana

SKL

  • Siswa mampu memahami pemasangan instalasi tenaga listrik satu fasa.
  • Siswa mampu merencanakan gambar instalasi tenaga.
  • Siswa mampu memasang instalasi tenaga di luar permukaan dan memasang instalasi tenaga di dalam permukaan. 

TUJUAN

  • Siswa dapat memahami pemasangan instalasi tenaga satu fasa.
  • Siswa dapat merencanakan gambar instalasi tenaga satu fasa.
  • Siswa dapat memasang instalasi tenaga di luar dan di dalam permukaan.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana) sebagai berikut:

  • Memasang instalasi tenaga satu fasa.
  • Menggambar rencana instalasi tenaga satu fasa.

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

Memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana

  1. Memahami instalasi tenaga satu fasa
  2. Menggambar rencana instalasi tenaga
  3. Memasang instalasi tenaga di luar permukaan
  4. Memasang instalasi tenaga di dalam permukaan
  5. Memasang kotak kontak satu fasa
 

7. Memasang instalasi penerangan listrik bangunan bertingkat

SKL

  • Siswa mampu memahami pemasangan instalasi penerangan 3 fase.
  • Siswa mampu merencanakan gambar instalasi penerangan 3 fase.
  • Siswa mampu memasang panel hubung bagi instalasi penerangan 3 fase.
  • Siswa mampu memasang instalasi kabel dan pemipaan.
  • Siswa mampu memasang beban listrik penerangan satu fasa dalam sistem 3 fase.

TUJUAN

  • Siswa dapat memahami pemasangan instalasi penerangan 3 fase.
  • Siswa dapat merencanakan gambar instalasi penerangan 3 fase.
  • Siswa dapat memasang panel hubung bagi instalasi penerangan 3 fase.
  • Siswa dapat memasang instalasi kabel dan pemipaan.
  • Siswa dapat memasang beban listrik penerangan satu fasa dalam system 3 fase. 

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memasang instalasi penerangan listrik bangunan bertingkat) sebagai berikut:

  • Pemasangan instalasi penerangan 3 fasa.
  • Menggambar rencana instalasi penerangan 3 fasa.
  • Memasang kabel dan pipa instalasi.
  • Memasang panel hubung bagi instalasi penerangan.

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

Memasang instalasi penerangan listrik bangunan bertingkat

  1. Memahami instalasi penerangan 3 fase
  2. Menggambar rencana instalasi penerangan
  3. Memasang panel hubung bagi instalasi penerangan
  4. Memasang instalasi kabel dan pemipaan
  5. Memasang beban listrik penerangan satu fasa dalam sistem 3 fase
 

8. Memasang instalasi tenaga listrik bangunan bertingkat

SKL

  • Siswa mampu memahami pemasangan instalasi tenaga 3 fase.
  • Siswa mampu merencanakan panel hubung bagi instalasi tenaga 3 fase.
  • Siswa mampu memasang panel hubung bagi instalasi tenaga 3 fase.
  • Siswa mampu memasang kotak kontak 3 fase.

TUJUAN

  • Siswa dapat memahami pemasangan instalasi tenaga 3 fase.
  • Siswa dapat merencanakan panel hubung bagi 3 fase.
  • Siswa dapat memasang panel hubung bagi 3 fase.
  • Siswa dapat memasang kotak kontak 3 fase.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memasang instalasi tenaga listrik bangunan bertingkat) sebagai berikut:

  • Pemasangan instalasi tenaga 3 fasa.
  • Merencanakan panel hubung bagi 3 fase.
  • Memasang panel hubung bagi 3 fase
  • Memasang kotak kontak 3 fase.

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

Memasang instalasi penerangan listrik bangunan bertingkat

  1. Memahami pemasangan instalasi tenaga listrik3 fase
  2. Merencanakan panel hubung bagi 3 fase instalasi tenaga
  3. Memasang panel hubung bagi 3 fase instalasi tenaga
  4. Memasang kotak kontak 3 fase
 

9. Memperbaiki motor listrik

SKL

  • Siswa mampu memahami cara memperbaiki motor listrik.
  • Siswa mampu membongkar kumparan motor listrik.
  • Siswa mampu melilit kumparan motor listrik.
  • Siswa mampu memeriksa hasil lilitan kumparan dan melakukan uji fungsi motor hasil lilitan ulang.

TUJUAN

  • Siswa dapat memahami cara memperbaiki motor listrik.
  • Siswa dapat membongkar kumparan motor listrik.
  • Siswa dapat melilit ulang kumparan motor listrik.
  • Siswa dapat melakukan uji fungsi motor hasil lilitan ulang.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memperbaiki motor listrik) sebagai berikut:

  • Cara memperbaiki motor listrik.
  • Membongkar kumparan motor listrik.
  • Melilit ulang kumparan motor listrik.
  • Memeriksa dan menguji fungsi motor hasil lilitan ulang.

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

Memperbaiki motor listrik

  1. Memahami cara perbaikan motor listrik
  2. Membongkar kumparan motor
  3. Melilit kumparan motor
  4. Memeriksa hasil lilitan kembali
  5. Melakukan uji fungsi motor hasil lilitan ulang
 

10. Mengoperasikan sistem pengendali elektronik

SKL

  • Siswa mampu memahami prinsip pengoperasian pengendali elektronik.
  • Siswa mampu merencanakan, membuat dan mengoperasikan sistem kendali elektronik sederhana.
  • Siswa mampu melakukan tindakan pengamanan pada sistem kendali elektronik yang mengalami gangguan.

TUJUAN

  • Siswa dapat memahami prinsip pengoperasian kendali elektronik.
  • Siswa dapat merencanakan pengoperasian pengendali elektronik.
  • Siswa dapat membuat rangkaian pengendali elektronik.
  • Siswa dapat mengoperasikan pengendali elektronik.
  • Siswa dapat melakukan tindakan pengamanan pada sistem kendali elektronik yang mengalami gangguan.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Mengoperasikan sistem pengendali elektronik) sebagai berikut:

  • Merencanakan rangkaian kendali elektronik.
  • Membuat rangkaian kendali elektronik.
  • Mengoperasikan kendali elektronik.
  • Melakukan tindakan pengamanan pada sistem kendali elektronik yang mengalami gangguan.

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

Mengoperasikan sistem pengendali elektronik

  1. Memahami prinsip pengoperasian sistem pengendali elektronik
  2. Merencanakan rangkaian kendali elektronik sederhana
  3. Membuat rangkaian kendali elektronik sederhana
  4. Mengoperasikan sistem kendali elektronik
  5. Memahami data operasi sistem kendali elektronik
  6. Melakukan tindakan pengamanan pada sistem kendali elektronik yang mengalami gangguan
 

11. Mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah

SKL

  • Siswa mampu memahami prinsip kerja pengoperasian peralatan pengendali daya tegangan rendah.
  • Siswa mampu menerapkan prosedur pengoperasian sistem kelistrikan.
  • Siswa mampu mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah dan memahami data operasi.
  • Siswa mampu melakukan tindakan pengamanan pada operasi peralatan pengendali daya tegangan rendah yang mengalami gangguan.

TUJUAN

  • Siswa dapat memahami prinsip kerja pengoperasian peralatan pengendali daya tegangan rendah.
  • Siswa dapat menerapkan prosedur pengoperasian, mengoperasikan peralatan pengendali dan memahami data operasi pengendali daya tegangan rendah.
  • Siswa dapat melakukan tindakan pengamanan pada sistem kendali daya tegangan rendah.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Mengoperasikan peralatan sistem pengendali daya tegangan rendah) sebagai berikut:

  • Menerapkan prosedur pengoperasian pengendali daya tegangan rendah.
  • Mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah.
  • Melakukan tindakan pengamanan pada sistem kendali daya tegangan rendah.

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

Mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah

  1. Memahami prinsip kerja pengoperasian peralatanpengendali daya tegangan rendah
  2. Menerapkan prosedur pengoperasian sistem kelistrikan
  3. Mengoperasikan peralatan sistem kendali daya tegangan rendah
  4. Memahami data operasiperalatan pengendali daya tegangan rendah
  5. Melakukan tindakan pengamanan pada operasi peralatan pengendali daya tegangan rendah yang mengalami gangguan
 

12. Mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik

SKL

  • Siswa mampu memahami prinsip kerja pengoperasian peralatan pengendali elektromagnetik.
  • Siswa mampu mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik.
  • Siswa mampu melakukan tindakan pengamanan pada operasi sistem pengendali elektromagnetik yang mengalami gangguan.

TUJUAN

  • Siswa dapat memahami prinsip kerja pengoperasian sistem pengendali elektromagnetik.
  • Siswa dapat mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik.
  • Siswa dapat melakukan tindakan pengamanan pada sistem pengendali elektromagnetik.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik) sebagai berikut:

  • Mengoperasikan sistem pengendali motor listrik.
  • Mengoperasikan mesin produksi dengan pengendali elektromagnetik.
  • Melakukan tindakan pengamanan pada sistem pengendali elektromagnetik.

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

Mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik

  1. Memahami prinsip kerja pengoperasian sistem pengendali elektromagnetik
  2. Mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik
  3. Memahami data operasi sistem kendali elektromagnetik
  4. Mengoperasikan mesin produksi dengan pengendali elektromagnetik
  5. Melakukan tindakan pengamanan pada operasi sistem kendali elektromagnetik yang mengalami gangguan
 

13. Memasang sistem pentanahan instalasi listrik

SKL

  • Siswa mampu mengemukakan jenis-jenis orde pentanahan dan mengemukakan prosedur pemasangan pentanahan instalasi.
  • Siswa mampu mengukur dan memahami hasil pengukuran tahanan pentanahan instalasi.
  • Siswa mampu memasang orde pentanahan.

TUJUAN

  • Siswa dapat menentukan tahanan pentanahan instalasi.
  • Siswa dapat memasang orde pentanahan

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Memasang sistem pentanahan instalasi listrik) sebagai berikut:

  • Mengemukakan jenis-jenis orde pentanahan.
  • Mengukur tahanan pentanahan instalasi.
  • Memasang orde pentanahan.

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

Memasang sistem pentanahan instalasi listrik

  1. Mengemukakan jenis-jenis orde pentanahan
  2. Mengemukakan prosedur pemasangan sistem pentanahan instalasi
  3. Mengukur tahanan pentanahan
  4. Memahami hasil pengukuran tahanan pentanahan
  5. Memasang orde pentanahan
 

14. Merawat panel dan switchgear

SKL

  • Siswa mampu memahami perbaikan panel listrik dan switchgear.
  • Siswa mampu memahami jenis-jenis panel listrik dan switchgear.
  • Siswa mampu melakukan perawatan ringan panel kontrol, panel tenaga dan switchgear.

TUJUAN

  • Siswa dapat memahami perbaikan panel listrik dan switchgear.
  • Siswa dapat melakukan perawatan ringan panel kontrol, panel tenaga dan switchgear.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Merawat panel dan switchgear) sebagai berikut:

  • Memahami perbaikan panel listrik dan switchgear.
  • Melakukan perawatan ringan panel kontrol, panel tenaga dan switchgear.

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

Merawat panel dan switchgear

  1. Memahami perbaikan panel listrik dan switchgear
  2. Memahami jenis-jenis panel listrik dan switchgear
  3. Melakukan perawatan ringan panel kontrol
  4. Melakukan perawatan ringan panel tenaga
  5. Melakukan perawatan ringan switchgear
 

 

MUATAN LOKAL

  1. Mulok 1

SKL

  • Siswa mampu mengidentifikasi komponen speaker aktif.
  • Siswa mampu membuat PRT/ PCB speaker aktif.
  • Siswa mampu membuat power suplay speaker aktif.
  • Siswa mampu menguji coba rangkaian speaker aktif.
  • Siswa mampu memasang komponen speaker aktif pada box panel speaker aktif.

TUJUAN

  • Siswa dapat mengidentifikasi komponen speaker aktif.
  • Siswa dapat membuat PRT/ PCB speaker aktif.
  • Siswa dapat membuat power suplay speaker aktif.
  • Siswa dapat menguji coba rangkaian speaker aktif.
  • Siswa dapat memasang komponen speaker aktif pada box panel speaker aktif.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran kompetensi kejuruan (Merawat panel dan switchgear) sebagai berikut:

  • Membuat catu daya / power suplay speaker aktif..
  • Membuat power amplifier speaker aktif.

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

Merakit dan mengoperasikan speaker aktif

  1. Mengidentifikasi komponen speaker aktif
  2. Membuat papan rangkaian tercetak/ pcb speaker aktif
  3. Membuat power suplay speaker aktif
  4. Menguji coba rangkaian speaker aktif
  5. Memasang komponen speaker aktif pada box panel speaker aktif
 
  1. Mulok 2

SKL

  • Siswa mampu mempersiapkan dan melaksanakan operasi mesin produksi dengan kendali PLC.
  • Siswa mampu mengamati dan menangani masalah operasi mesin produksi dengan kendali PLC.
  • Siswa mampu membuat laporan pengoperasian mesin produksi dengan kendali PLC.

TUJUAN

  • Siswa dapat mempersiapkan operasi mesin produksi dengan kendali PLC.
  • Siswa dapat melaksanakan operasi mesin produksi dengan kendali PLC.
  • Siswa dapat mengamati dan menangani masalah operasi mesin produksi dengan kendali PLC.
  • Siswa dapat membuat laporan pengoperasian mesin produksi dengan kendali PLC.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran mulok 2 sebagai berikut:

  • Membuat program kendali PLC.
  • Mengoperasikan PLC untuk kendali mesin produksi. 

SKKD

No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 
 
 

1.

Mengoperasikan mesin produksi dengan kendali PLC

  1. Mempersiapkan operasi mesin produksi dengan kendali PLC
  2. Melaksanakan operasi mesin produksi dengan kendali PLC
  3. Mengamati dan menangani masalah operasi mesin produksi dengan kendali PLC
  4. Membuat laporan pengoperasian mesin produksi dengan kendali PLC