VISITASI DAN PENELITIAN LAPANGAN DARI TIM KEMENTERIAN DAN KEBUDAYAAN RI

VISITASI DAN PENELITIAN LAPANGAN DARI TIM KEMENTERIAN DAN KEBUDAYAAN RI

Pada kesempatan kali ini TIM Redaksi akan berbagai informasi mengenai Visitasi TIM Penelitian Lapangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI di SMK Negeir 3 Metro.

Pada hari ini SMK Negeri 3 Metro kedatangan tamu istimewa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan RI, kedatangan TIM dari kemendikbud RI di SMK Negeri 3 Metro hari ini dalam rangka untuk melakukan penelitian lapangan mengenai beban kerja guru.

Diagendakan TIM penelitian lapangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI akan melaksanakan serangkaian visitasi dan penelitian di beberapa lembaga pendidikan yang ada di Provinsi Lampung, Diawali dari SMK Negeri 3 Metro lalu berlanjut ke SMP N 4 Metro untuk hari ini.

Apa saja kegiatan yang dilaksanakan selama visitasi dan penelitian oleh TIM dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI?

Kegiatan diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh TIM dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Metro beserta para wakil dan perwakilan bapak/ibu guru SMK Negeri 3 Metro.

Setelah sesi pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh TIM Peneliti dengan perwakilan bapak/ibu guru SMK Negeri 3 Metro. Terdapat setidaknya 4 Topik yang mejadi pokok bahasan dan diskusi antara TIM Peneliti dan bapak/ibu Guru SMK Negeri 3 Metro.

Topik pertama, tentang proses pengajaran yang meliputi pembuatan soal, prota/promes, analisa kalender pendidikan dan silabus. pada topik pertama ini, tim peneliti menanyakan perihal dokumen – dokumen pembelajaran yang umum dipersiapkan oleh bapak/ibu guru. Namun yang menjadi titik fokus diskusi bukanlah mengenai kelengkapan dokumen-dokumen pembelajaran tersebut melainkan mengenai kesan ataupun kesulitan bapak/ibu guru dalam membuat/menyusun dokumen – dokumen tersebut beserta.

Topik kedua, tentang evaluasi siswa yang meliputi penilaian K13, E-Raport, Kriteria Ketuntasan Minimal dan Klapper Kelas. Sama dengan topik pertama, pada topik kedua ini diskusi terfokus pada masalah dan kesulitan yang kerap dialami atau dirasakan oleh bapak/ibu guru dalam membuat/menyusun/melaksanakan berbagai instrumen di atas.

Topik ketiga, tentang evaluasi guru yang meliputi portofolio untuk naik pangkat, jurnal kegiatan mengajar, instrumen supervisi TAS/TENDIK dan e-kinerja. Pada topik bahasan yang ketiga ini, diskusi lebih terfokus pada urgensi dari setiap instrumen di atas untuk bapak/ibu guru dan tentunya beserta kendala/kesulitan yang kerap dialami.

Dan yang keempat yaitu sesi diskusi mengenai program yang diajukan oleh TIM peneliti kepada bapak/ibu guru. Disini para tim peneliti meminta bapak/ibu guru untuk memberikan masukan ataupun kritikan atas program – program yang diajukan. Program – program tersebut diantaranya Digitalisasi Dokumen, Rekomendasi Bahan Pengajaran otomatis setiap minggunya, Program yang menghubungkan semua guru se-Indonesia, Program pemantau perkembangan belajar anak, Database dokumen pembelajaran Online.

Setelah kegiatan diskusi bersama bapak/ibu guru SMK Negeri 3 Metro, Tim peneliti juga menyempatkan untuk berkeliling ke beberapa Lab di SMK Negeri 3 Metro sekaligus menemui salah satu developer program sekaligus operator SMK Negeri 3 Metro, Kak Rahman Ardi Saputra untuk bertanya – tanya terkait program e-raport.

Kegiatan visitasi dan penelitian dari Kemendikbud di SMK Negeri 3 Metro diahiri dengan jamuan makan bersama dengan TIM dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung serta Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Metro.

Dipost Oleh Syahrul Fitriadi

^-^'

Post Terkait

Tinggalkan Komentar