RAPAT KORDINASI KOMITE SEKOLAH KELAS X

RAPAT KORDINASI KOMITE SEKOLAH KELAS X

Selamat siang menjelang sore para pembaca. Selamat datang di website SMK Negeri 3 Metro, website yang memberikan berbagai informasi mengenai SMK Negeri 3 Metro mulai dari profil, prestasi dan berbagai informasi yang lainya.

Jika kemarin TIM Redaksi membagikan informasi mengenai Sosialisasi program sekolah sahabat keluarga bersama oleh Dr.Marlock, M.M., Maka pada kesempatan kali ini TIM Redaksi akan berbagi informasi mengenai kegiatan KORDINASI KOMITE SEKOLAH bersama dengan narasumber Prof. Dr. H. Juhri AM, M.Pd.

Kordinasi komite sekolah atau rapat komite merupakan salah satu kegiatan rutin yang selalu diselengarakan oleh SMK Negeri 3 Metro dengan mengundang orang tua/wali murid untuk bersama - sama membahas mengenai berbagai hal seperti program sekolah, laporan penggunaan dana sekolah, pembiayaan dan lain sebagainya.

Jika pada kegiatan kemarin yaitu sosialisasi sekolah sahabat keluarga para peserta yang hadir adalah orang tua/wali dengan putra putrinya maka pada rapat kordinasi komite sekolah hari ini hanya dihadiri oleh para orang tua/wali peserta didik.

Acara diawali dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Ahmad Syafii, kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Metro, Ibu Suindriyati, S.Pd.,M.Pd

Dalam sambutan tersebut, beliau mengucapkan selamat datang kepada bapak ibu orang tua/wali peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Metro, tidak lupa beliau juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak ibu orang tua/wali dalam acara rapat kordinasi komite sekolah SMK Negeri 3 Metro tahun 2019. Dalam sambutan tersebut beliau menyampaikan mengenai tujuan dari diselengarakanya kegiatan pada hari ini beserta agenda-agenda yang akan dimusyawarhkan pada kesempatan kali ini.

Dalam sambutan tersebut beliau juga menyampaikan secara singkat mengenai master plan SMK Negeri 3 Metro yaitu salah satunya pembangunan gedung lantai tiga yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru nanti, sehingga beliau memohon maaf kepada bapak ibu orang tua/wali apabila hingga bulan Desember nanti proses pembelajaran putra putri bapak ibu akan sedikit terkendala. Selain itu mengenai pembangunan gedung lantai tiga yang termasuk dalam master plan SMK Negeri 3 Metro beliau juga menyampaikan secara singkat mengenai beberapa master plan SMK Negeri 3 Metro lainya yaitu diantaranya pembangunan underground parking, gedung olahraga, perombakan masjid dan lain sebagainya.

Dalam sambutan tersebut beliau juga memohon doa restu  dan dukungan bapak ibu orang tua/wali kelas X untuk TIM robotik, LCT dan TIM Desaind Grafis yang akan berjuang nantinya dalam perlombaan ditingkat Nasional, semoga tim SMK Negeri 3 Metro diberikan kelancaraan dan juga kesuksesaan di bidang lomba masing - masing.

Setelah sambutan dari kepala sekolah SMK Negeri 3 Metro, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Prof. Dr. H. Juhri AM, M.Pd

Dalam sambutan tersebut, beliau mengucapkan selamat kepada bapak ibu orang tua/wali atas diterimanya putra putri bapak ibu disalah satu SMK terbaik di Provinsi Lampung, tentu dengan diterimanya putra putri bapak ibu SMK Negeri 3 Metro menjadi suatu kebanggaan tersendiri baik bagi orang tua maupun putra putrinya.

Diawal, beliau menyampaikan bahwa pendidikan tidak semata - mata merupakan tanggung jawab sekolah namun tanggung jawab mendidik dan membina putra purti generasi bangsa Indonesia merupakan tanggung jawab kita bersama terutama orang tua. Peran aktif orang tua dalam mendidik dan mengarahkan putra putrinya akan sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter dan kepribadian seorang anak yang pada ahirnya juga akan berpengaruh pada kesuksesaan anak di masa depan.

Beliau juga menyampaikan  sebuah kisah inspiratif dari perjalanan karir beliau yang berawal dari seorang anak buruh tani hingga menjadi seorang profesor, beliau menegaskan bahwa berjuang dan pantang menyerah serta berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa adalah kuncinya karena Tuhan tidak akan mengubah nasib seseorang kecuali orang tersebut berusaha untuk merubah nasibnya.

Diahir sambutan beliau berharap akan terciptanya hubungan yang baik dan harmonis antara sekolah dengan orang tua, bersama - sama mengarahkan dan mendidik putra putri generasi penerus bangsa Indonesia sehingga dapat tercipta generasi - generasi yang religius, berbudi pekerti luhur dan dapat berguna bagi nusa dan bangsa.

Setelah sambutan dari ketua panitia, acara dilanjutakn dengan penyampaian materi dari Ibu Widiani Trisnaningsih, S.Pd.,M.Pd.

Dalam pembahasan materi tersebut ada beberapa hal yang menjad pokok bahasan yaitu salah satu diantaranya mengenai RKAS. Mungkin ada dari para pembaca yang belum mengetahui apa itu RKAS, jadi RKAS adalah Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah yaitu program jangka pendek yang dipedomani sekolah dalam mengimplementasikan dan mencapai standar pendidikan dalam kurun waktu pelaksanaan adalah satu tahun pelajaran.

Jadi para pembaca harus tau bahwa dalam dunia pendidikan terdapat standar - standar yang wajib untuk dipenuhi, standar tersebut antaralain 

1. Standar Isi;

2. Standar Proses;

3. Standar Kompetensi Lulusan;

4. Standar Pendidik dan Tenaga Pendidik;

5. Standar Sarpras;

6. Standar Pengelolaan;

7. Standar Pembiayaan;

8. Standar Penilaian.

Dalam pemaparan materi ini tersebut juga diterangkan mengenai apa saja yang ada dalam kedelapan standar pendidikan tersebut contoh dalam standar proses terdapat pembiayaan sumber belajar (buku, perpustakaan, guru tamu profesional dsbnya, praktik kerja industri, kegiatan peningkatan prestasi dsbnya.

Selain itu Ibu Widiani juga menampilkan slide mengenai Rincian biaya pendidikan bagi peserta didik kelas X selama 1 tahun dengan rincian pembayaran diantaranya pembeliaan perlengkapan pendidikan, pembelian alat dan bahan praktik habis pakai, peningkatan mutu pembelajaran dan sebagainya.

 

Dipost Oleh Syahrul Fitriadi

Assalamualaikum Saya Admin Syahrul Yang Tampan :) :)

Post Terkait

Tinggalkan Komentar