PARENTING DAN KELAS INSPIRASI BERSAMA Dr. MARLOCK, M.M

PARENTING DAN KELAS INSPIRASI BERSAMA Dr. MARLOCK, M.M

Selamat siang menjelang sore para pembaca. Selamat datang di website SMK Negeri 3 Metro, website yang memberikan berbagai informasi terkini mengenai SMK Negeri 3 Metro mulai dari profil, prestasi dan berbagai informasi terkini lainya.

Pada kesempatan kali ini TIM Redaksi akan membagikan informasi mengenai acara SOSIALISASI SEKOLAH SAHABAT KELUARGA dengan mengusung tema PARENTING DAN KELAS INSPIRASI bersama narasumber Dr. Marlock, M.M selaku Direktur Forum Peduli Pendidikan Pelatihan Menengah Kejuruan Indonesia (FP3MKI)

Turut hadir pada acara tersebut Bapak Joko Santoso selaku kepala UPTD Wilayah II, Bapak Iskandar selaku pengawas SMK, Ibu Suindriyati selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Metro dan para tamu undangan yaitu orang tua/wali beserta putra putrinya yang telah dinyatakan lulus dan diterima di SMK Negeri 3 Metro.

Acara SOSIALISASI SEKOLAH SAHABAT KELUARGA yang diselengarakan oleh SMK Negeri 3 Metro bertujuan untuk memperkenalkan program Sahabat Keluarga kepada para orang tua wali peserta didik, mengingat bahwa program sekolah sahabat keluarga merupakan salah satu program pendidikan yang diterapkan oleh SMK Negeri 3 Metro dengan melibatkan peran serta orang tua/wali peserta didik dalam mendidik, membina dan mengarahkan putra putrinya untuk menempa karakter yang berbudi bekerti luhur,sopan dan santur serta disiplin.

Lalu yang kedua adalah kelas parenting serta pemberian motivasi kepada para orang tua/wali peserta didik yang disampaikan oleh Tokoh Peduli SMK Dr.Marlock, M.M.

Acara SOSIALISASI SEKOLAH SAHABAT KELUARGA dibagi menjadi 3 sesi.

Sesi pertama Pukul 07.30 - 09.30 dihadiri para orang tua/wali dan peserta didik kelas X jurusan TKJ dan MM

Sesi kedua Pukul 10.00 - 12.00 dihadiri para orang tua/wali dan peserta didik kelas X jurusan TITL, TPE, BKP dan DPIB

Sesi pertama Pukul 13.30 - 15.30 dihadiri para orang tua/wali dan peserta didik kelas X jurusan TBS, TKK dan RPL 

Acara diawali dengan pembacaan doa, yang dipimpin oleh Bapak Ahmad Syafii dan Bapak Rohmat. Setelah pembacaan doa, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Metro, Ibu Suindriyati, S.Pd.,M.Pd.

Dalam sambutan tersebut, beliau mengucapkan selamat datang kepada para orang tua/wali berserta putra putrinya di SMK Negeri 3 Metro, tidak lupa beliau juga menyampaikan rasa terima kasih beliau kepada Bapak Ibu orang tua/wali yang telah berkenan meluangkan waktu untuk hadir mendampingi putra putrinya dalam kegiatan pada hari ini. beliau berharap dengan diadakanya kegiatan pada hari ini dapat mengeratkan hubungan orang tua wali dengan SMK Negeri 3 Metro, selain itu beliau juga berharap dengan diselenggarakanya kegiatan sosialisasi pada hari ini dapat menambah wawasan serta ilmu kita semua khususnya mengenai pentingnya peran keluarga terutama orang tua terhadap pembentukan karakter para putra putrinya, peserta didik SMK Negeri 3 Metro.

Selain itu, beliau juga menyampaikan permohonan maaf kepada para tamu undangan apabila dalam penyelengaraan kegiatan pada hari ini terdapat kekurangan baik disengaja maupun tidak disengaja. 

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Kepala UPTD Wilayah II, Bapak Joko Santoso

Dalam sambutan tersebut beliau mengucapan selamat kepada Bapak Ibu orang tua/wali atas diterimanya para putra putrinya di salah satu SMK terbaik dan Favorit di Provinsi Lampung yaitu SMK Negeri 3 Metro, semua ini tentu tidak terlepas dari doa serta bimbingan bapak ibu para orang tua/wali.

Beliau menyampaikan bahwa SMK Negeri 3 Metro terbukti menjadi salah satu SMK terbaik sekaligus favorit di Provinsi Lampung. Berbagai prestasi dari tingkat lokal hingga go internasional sudah ditorehkan, setiap tahun para pendaftar selalu membludak. Hal ini mengindikasikan bahwa SMK Negeri 3 Metro memang merupakan salah satu SMK terbaik dan Favorit di Provinsi Lampung dan Insyallah di Indonesia, Amin.

Selaku Kepala UPTD Wilayah II, Bapak Joko Santoso menyampaikan bahwa beliau akan terus mendorong SMK - SMK yang ada di Kota Metro baik itu SMK 1, 2, 3 dan 4 untuk dapat menjadi pelopor bagi SMK - SMK lainya di Provinsi Lampung.

Bapak Joko Santoso juga menyampaikan bahwa pembentukan karakter dan pribadi para peserta didik tidak semata - mata tanggung jawab guru dan sekolah namun pendidikan keluarga terutama pendidikan yang diberikan oleh orang tua juga memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pembentukan karakter dan pribadi para peserta didik kedepanya. Beliau berharap dengan diadaknya kegiatan ini, sekolah bersama dengan orang tua dapat saling bersinergi dalam mendidik dan membina para putra putri generasi penerus bangsa Indonesia.

Dan dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, acara Sosialisasi Sekolah Sahabat Keluarga dinyatakan dibuka.

Setelah sambutan demi sambutan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber, Bapak Dr. Marlock, M.M.

Diawal sesi penyampaian materi tersebut, Bapak Dr.Marlock, M.M menyampaikan beberapa hal yaitu diantarnya terkait dengan biografi beliau, alasan atau latar belakang dilaksankanya kegiatan pada hari ini serta pemaparan contoh - contoh pendidikan karakter yang dilakukan di beberapa SMK di Indonesia dan juga di luar negeri. Dari contoh - contoh tersebut beliau menegaskan bahwa, TERBUKTI! karakter para peserta didik yang tangguh, berbudi pekerti luhur, disiplin dan mandiri haruslah melalui tempaan bukan dengan berleha - leha maupun bersantai ria.

Beliau juga menyampaikan mengenai FAKTA jumlah SMK yang ada di Indonesia beserta lapangan kerja yang tersedia. Beliau menyampaikan bahwa terdapat tidak kurang dari 5 juta SMK di Indonesia itu belum termasuk jumlah peserta didiknya, lalu bagaimana dengan lapangan pekerjaan yang tersedia? Perlu diketahui bahwa ketika tamat dari SMK nantinya, para peserta didik akan dihadapkan pada beberapa pilihan yaitu yang pertama BEKERJA, yang kedua MELANJUTKAN PENDIDIKAN/KULIAH, yang ketiga USAHA MANDIRI!, yang keempat KUA atau yang terahir MENGANGGUR!.

Tidak lupa Dr. Marlock juga menyampaikan mengenai peluang maupun hambatan dari masing - masing pilihan yang nantinya akan dihadapi oleh para peserta didik. Dan beliau menegaskan bahwa peran orang tua/wali dalam membina dan mendidik para putra putrinya akan sangat menentukan seperti apa mereka di masa depan. apakah akan menjadi seorang PEKERJA atau seorang MAHASISWA, atau seorang PENGUSAHA atau menjadi mereka yang NIKAH MUDA atau menjadi seorang PENGANGGURAN. semua itu tidak terlepas dari doa, bimbingan dan didikan dari orang tua.

Maka dari itu beliau menegaskan kepada orang tua/wali bahwa mereka harus tau apa tujuan dari menyekolahkan putra putrinya. Begitupun juga para peserta didik, yang juga harus tau tujuan dari mereka bersekolah. beliau memberikan salah satu tujuan dari menyekolahkan anak yaitu SMK, S = Sekolah, M = Menghapus, K = Kemiskinan. Adapun tujuan dari bersekolah beliau adalah sama yaitu SMK, S=Siswa, M=Mencari K=Kehidupan 

Diahir penyampaian materi, beliau memberikan kiat - kiat bagi para peserta didik agar menjadi pribadi yang lebih baik dan sukses dimasa hadapan, dari total 16 kiat sukses tersebut salah satu diantaranya, yang pertama adalah berbakti kepada ORANG TUA!. point inilah yang ditekankan oleh Dr. Marlock, M.M kepada para peserta didik. Hal ini mengingat bahwa karakter, sikap maupun prilaku kebanyakan generasi muda saat ini khususnya kepada orang tua mereka cukup memperihatinkan, tidak jarang kita lihat di media masa maupun media sosial berbagai kasus anak yang durhaka kepada orang tuanya. Padahal keluarga terutama orang tua meruapakan lembaga pendidikan pertama dan utama untuk membentuk karakter serta kepribadian seorang individu, jika orang tuanya saja tidak diperhatikan, jika dengan orang tuanya saja durhaka lalu siapa yang dapat mendidik individu tersebut?

Maka dari itu diahir materi, Bapak Dr. Marlock mengajak para peserta didik untuk mengenal lebih dekat orang tua mereka, mengajarkan mereka bagimana menghormati dan menyayangi orang tua mereka dan belajar untuk memohon maaf kepada orang tua mereka. Tak elak sesi ini pun mengundang haru dari orang tua wali maupun peserta didik dan tidak terkecuali TIM Redaksi yang bertugas

Bapak Dr.Marlock,M.M. Mengajak para peserta didik untuk berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama - sama

Setelah selesai menyanyikan lagu Indonesia Raya, Bapak Marlock memimpin para peserta didik untuk memberikan penghormatan kepada orang tua/wali mereka

Dengan bersimpuh, para peserta didik memohon maaf kepada orang tua mereka 

Dipost Oleh Syahrul Fitriadi

Suka Menulis | Pendengar Yang Baik | Sport Addicted

Post Terkait

Tinggalkan Komentar